Search

Senin, 22 Agustus 2011

Ingin Masak Rendah Lemak? Coba Trik Berikut


TRIBUNNEWS.COM - Saat memasak, yang kita inginkan tentunya masakan yang enak, lezat, dan tentunya rendah lemak. Memasak yang bagaimana agar masakan rendah lemak? Kita coba tips berikut ini yang diambil dari Cookingtips.net.
* Biasakan mengukur minyak yang Anda gunakan ketika memasak, bukan hanya asal menuangkan minyak keluar dari botol.
* Gunakan panci antilengket, sehingga tidak memerlukan minyak yang banyak. Saat menumis, gunakan sedikit kaldu ayam atau anggur sebagai pengganti mentega atau minyak.
* Untuk membuat kaldu bebas lemak, dinginkan kaldu ayam atau daging yang dibuat. Lemak akan mengapung sehingga mudah membuangnya.
* Kandungan gizi beberapa sayuran dan buah-buahan, seperti kentang dan apel, justru lebih banyak di kulitnya. Jadi, masaklah sayuran dan buah-buahan tersebut bersama kulitnya.
* Vitamin C cepat larut pada saat pemasakan, maka masaklah sayuran yang mengandung vitamin C dengan air sedikit dan hanya sebentar saja.
* Sediakan selalu stok rempah-rempah di lemari Anda. Kunci masakan rendah lemak tapi tetap lezat adalah pada rempah-rempahnya. Jangan ragu memasukkan rempah-rempah dalam masakan Anda.
* Belilah satu set alat masak antilengket yang terbaik.
 
* Saat memasak hidangan yang membutuhkan sayuran dan daging, cobalah kurangi dagingnya 1/3 bagian, dan isi kekurangan itu dengan sayuran. Tidak akan ada bedanya! Malah lebih sehat.
* Untuk mengentalkan saus yang menggunakan susu, tambahkan sedikit tepung, dan masak agak lama supaya tepungnya tidak berasa mentah. Nah, lemak dari daging dan susu akan sedikit berkurang.
* Gunakan minyak zaitun untuk menumis atau membuat salad. Ini akan menambah cita rasa masakan Anda dan tentunya lebih sehat.

Tidak ada komentar: