Search

Sabtu, 31 Oktober 2009

NEW WORLD, NEW LIFE

Masuk sekolah baru? Congrats, guys! Kamu baru saja masuk ke dunia barumu sebagai remaja. Di sini kamu bakal nemuin banyak hal yang sebelumnya belum pernah kamu jumpai. Mulai dari suasana baru, pelajaran baru, teman-teman baru, sampe’ baju baru yang disulap dari putih biru jadi putih abu-abu. Kalo dulu para cowok dengkulnya pada keliatan, sekarang udah bisa diumpetinsama celana panjang abu-abu.

SERBA BARU DISEKITARMU
Baru, baru, baru.... semua serba baru. Pertama kali masuk sekolah, kamu bakal mendapati hal-hal baru disekitarmu baik itu disadari atau ngga’. Kamu mesti tahu itu semua biar ngga’ kuper and it’s very useful to know all of that!

1. Lingkungan Sekolah
Masuk sekolah baru ada ruang kelas baru, pelajaran baru dan guru juga baru. Pelajarannya jelas lebih banyak dan ada yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Kamu mesti beradaptasi dengan pelajaran-pelajaran baru tersebut supaya nggak terlalu ketinggalan. Dikelasmu pasti ada temen-temen yang lebih asyik buat diajak belajar bareng atau ada juga kakak kelas yang suka nolongin para freshmen.

2. Teman
Teman yang baik dan teman yang ’kurang baik’ emang sejak dulu udah ada. Bedanya sama yang di SMA, mereka yang kurang baik itu biasanya lebih ’mantap’ nakalnya. Begitu juga dengan teman-teman yang sudah punya prinsip yang baik. Mereka ngga’ suka sama hal yang ngga’ bener dan bakalan menjaga dirinya atau bahkan orang-orang disekelilingnya untuk tetap baik. Kualitas orang-orang disekitar kamu emang pengaruhnya besar banget sama kelakuan kamu. Makanya kamu mesti bisa pilih-pilih sohib atau temen yang bener-bener bisa menjaga kamu. Bisa diajak gaul tapi juga nggak neko-neko.

3. Gaya Hidup
Usia SMA identik dengan sweet seventeen. Sudah punya KTP, SIM dan sudah boleh nonton film 17+. Artinya kamu bakal nemuin temanteman yang suka JJS, pergi ngeceng ke mal atau kafe, dan senang dugem. Yang punya uang jajan ekstra bakal ada yang terlihat konsumtif, sering traktir-traktir, candu sama rokok, atau malah mulaicoba-coba nge-drugs. Meskipun ada juga yang memilih hidup sederhana, ada yang religius, ada yang suka berkarya, atau malah ada yang suka nongkrong di rumah sambil baca buku pas weekend ato liburan sekolah. Kamu tinggal pilih mau yang mana.

4. Tuntutan Dan Tanggung Jawab
Makin dewasa usiamu, makin tambah tuntutan dan tanggung jawab yang mesti kamu usung. Inget, film layar lebar Spiderman yang dibintangi Tobey Maguire? Di film itu uncle Ben sebelum meninggal ngasih pesan sama Peter Parker alias Spiderman, “With great power, there must also come great responsibility.” Artinya, semakin besar kemampuan yang kamu punya, tanggung jawab kamu semakin besar. Makin banyak ilmu dan wawasan yang kamu punya, semakin banyak yang nesti kamu perbuat untuk dirimu dan juga orang-orang disekitarmu. Tanggung jawabmu nggak Cuma buat kamu aja, tapi juga ortumu, saudara-saudaramu, dan orang-orang yang kamu kenal atau bahkan yang belum kamu kenal tapi butuh kamu sebagai sesame muslim.

5. Peluang
Kamu bakal rugi kalo selama SMA cuma diisi belajar melulu. Di SMA tuh banyak banget peluang buat pengembangan diri. Ada seabrek kegiatan ekskul buat ngembangin bakat kamu, ada OSIS buat belajar organisasi dan ada kegiatan kerohanian buat menyeimbangkan semuanya. Yang jelas semua kegiatan yang melibatkan banyak orang bakal bikin kamu terbiasa kerjasama dengan orang lain. Dan itu sangat berguna saat kamu sudah bekerja nanti. Atao kalo kamu emang haus pengetahauan, kamu bisa ikut kegiatan keilmiahan, lomba-lomba ilmiah atau mungkin ikut program pertukaran pelajar. Yang jelas jangan sampe’ kamu menyesali sejuta peluan begitu saja didepan hidung kamu selama tiga tahun di SMA.


”(Good Luck My Friends and Succes 4 Ever)”

By : X-One

Tidak ada komentar: